ART IS MY LIFE

Selamat Datang di blog Fifi Neko Kawaii ^^

contoh RAI (Rancangan Analisis Intruksional)

No comments
maaf sebelumnya, tidak tahu mengapa pada saat memosting, bagan RAI nya jadi berantakan dan amburadul gini, gak ada shape2nya. yaa intinya dalam pembuatan RAI disusun mulai dari paling bawah / dasar dulu. jadi semakin ke atas maka kata oprasionalnya [kognitif (C) afektif (A) atau psikomotor (P)]nya semakin keatas tingkatannya biasanya semakin tinggi atau rumit. tiap indikator jangan lupa diberi nomer urut. dan diberi kode kata oprasional. untuk mengetahui kata oprasional bisa dilihat di postingan sebelum ini di web ini. semoga bermanfaat! ^_<


RANCANGAN ANALISIS INSTRUKSIONAL (RAI)


Nama Mata Pelajaran   : IPA
Kelas / semester           : IV / II
Status Pendidikan        : SDN Jatirembe
Pengembang                : Qhoziah Alfiyatun
1
2
Menjelaskan pengertian gaya (C1), (A3)
Menyebutkan macam-macam gaya (C1)
Siswa dapat menjelaskan bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda
Gaya gesek
Gaya gravitasi
Gaya pegas
Gaya listrik
3
4
5
6
Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya listrik (C4)
Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek (C4)
Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas (C4)
Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi (C4)
7
Mengklasifikasikan berbagai bentuk aktivitas ke dalam macam-macam gaya dalam suatu cerita yang telah disimak (C3) (A4)
Menjelaskan salah satu sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda (C2) (A3)
8
9
10
Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda (C4)

13
14
12
11
15
Membuat patung hewan kecil dari plastisin yang berbentuk bulat (gumpalan plastisin) secara berkelompok (P2)
 Menekan-nekan plastisin agar tekstur lebih lembek sehingga lebih mudah diatur (C5) (P4)
Menyiapkan plastisin berbentuk bulat yang disediakan oleh guru beserta alat yang dibutuhkan (C5) (P4)
Menghias patung hewan yang telah dibentuk dari plastisin dengan alat dan bahan sesuai keinginan (P4)
Membentuk plastisin menjadi sebuah patung hewan kecil sesuai dengan keinginan masing-masing kelompok (C5) (P4)
Menilai hasil karya kelompok lain berupa patung hewan kecil dari plastisin (A3, C6)
16
Menyimpulkan penyebab perubahan bentuk pada plastisin yang dibentuk sedemikian rupa hingga bisa menjadi patung hewan kecil (C6)
KD 7.2                         : Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) mengubah bentuk suatu benda


IDENTIFIKASI INDIKATOR
KD
Indikator
Ranah
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) mengubah bentuk suatu benda

2.1  Menjelaskan pengertian gaya
C1, A3
2.2  Menyebutkan macam-macam gaya
C1
2.3  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek
C4
2.4  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi
C4
2.5  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas
C4
2.6  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek
C4
2.7  Mengklasifikasikan berbagai bentuk aktivitas ke dalam macam-macam gaya dalam suatu cerita yang telah disimak
C3, A4
2.8  Menjelaskan salah satu sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
C2, A3
2.9  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
C4
2.10 Membuat patung hewan kecil dari plastisin yang berbentuk bulat (gumpalan plastisin) secara berkelompok
P2
2.11 Menyiapkan plastisin berbentuk bulat yang disediakan oleh guru beserta alat yang dibutuhkan
C5, P4
2.12 Menekan-nekan plastisin agar tekstur lebih lembek sehingga lebih mudah diatur
C5, P4
2.13  Membentuk plastisin menjadi sebuah patung hewan kecil sesuai dengan keinginan masing-masing kelompok
C5, P4
2.14  Menghias patung hewan yang telah dibentuk dari plastisin dengan alat dan bahan sesuai keinginan
P4
2.15 Menilai hasil karya kelompok lain berupa patung hewan kecil dari plastisin
C6, A3
2.16 Menyimpulkan penyebab perubahan bentuk pada plastisin yang dibentuk sedemikian rupa hingga bisa menjadi patung hewan kecil
C6



RUMUSAN INDIKATOR
KD
Indikator
Ranah
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) mengubah bentuk suatu benda

2.1  Menjelaskan pengertian gaya
C1, A3
2.2  Menyebutkan macam-macam gaya
C1
2.3  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek
C4
2.4  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi
C4
2.5  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas
C4
2.6  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya listrik
C4
2.7  Mengklasifikasikan berbagai bentuk aktivitas ke dalam macam-macam gaya dalam suatu cerita yang telah disimak
C3, A4
2.8  Menjelaskan salah satu sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
C2, A3
2.9  Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
C4






ANALISIS INDIKATOR
Kompetensi Dasar
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) mengubah bentuk suatu benda

Indikator
  1. Menjelaskan pengertian gaya
  2. Menyebutkan macam-macam gaya
  3. Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek
  4. Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi
  5. Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas
  6. Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya listrik
  7. Mengklasifikasikan berbagai bentuk aktivitas ke dalam macam-macam gaya dalam suatu cerita yang telah disimak
  8. Menjelaskan salah satu sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
  9. Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda



TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe dapat mampu menjelaskan pengertian gaya dengan bahasanya sendiri.
  2. Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu menyebutkan macam-macam gaya sesuai dengan ciri-cirinya.
  3. Melalui gaya gesek yang telah dicontohkan oleh guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek dengan tepat.
  4. Melalui gaya gravitasi yang telah dicontohkan oleh guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi dengan tepat.
  5. Melalui gaya pegas yang telah dicontohkan oleh guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas dengan tepat.
  6. Melalui contoh gaya listrik yang telah dijelaskan oleh guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya listrik dengan tepat.
  7. Melalui suatu cerita yang dibacakan oleh seorang siswa, siswa kelas 4 SDN Jatirembe dapat mengklasifikasikan macam-macam gaya ke dalam berbagai bentuk aktivitas dalam cerita tersebut dengan tepat.
  8. Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu menjelaskan salah satu sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda dengan bahasanya sendiri.
  9. Melalui pembuatan patung dari plastisin, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu contoh konkrit dari sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda yakni plastisin dengan bagus dan kreatif.






PENJABARAN RUMUS A-B-C-D DALAM PENYUSUNAN TIK
1.      Dengan mendengarkan penjelasan dari guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu menjelaskan pengertian gaya (B) dengan bahasanya sendiri (D).
2.      Dengan mendengarkan penjelasan dari guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu menyebutkan macam-macam gaya (B) sesuai dengan ciri-cirinya (D).
3.      Melalui gaya gesek yang telah dicontohkan oleh guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek (B) dengan tepat (D).
4.      Melalui gaya gravitasi yang telah dicontohkan oleh guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi (B) dengan tepat (D).
5.      Melalui gaya pegas yang telah dicontohkan oleh guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas (B) dengan tepat (D).
6.      Melalui contoh gaya listrik yang telah dijelaskan oleh guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya listrik (B) dengan tepat (D).
7.      Melalui suatu cerita yang dibacakan oleh seorang siswa (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) dapat mengklasifikasikan macam-macam gaya ke dalam berbagai bentuk aktivitas dalam cerita tersebut (B) dengan tepat (D).
8.      Dengan mendengarkan penjelasan dari guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu menjelaskan salah satu sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda (B) dengan bahasanya sendiri (D).
Melalui pembuatan patung dari plastisin (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu contoh konkrit dari sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda yakni plastisin (B) dengan bagus dan kreatif (D).

No comments :

Post a Comment