contoh RAI (Rancangan Analisis Intruksional)
maaf sebelumnya, tidak tahu mengapa pada saat memosting, bagan RAI nya jadi berantakan dan amburadul gini, gak ada shape2nya. yaa intinya dalam pembuatan RAI disusun mulai dari paling bawah / dasar dulu. jadi semakin ke atas maka kata oprasionalnya [kognitif (C) afektif (A) atau psikomotor (P)]nya semakin keatas tingkatannya biasanya semakin tinggi atau rumit. tiap indikator jangan lupa diberi nomer urut. dan diberi kode kata oprasional. untuk mengetahui kata oprasional bisa dilihat di postingan sebelum ini di web ini. semoga bermanfaat! ^_<
RANCANGAN
ANALISIS INSTRUKSIONAL (RAI)
Nama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas
/ semester : IV / II
Status
Pendidikan : SDN Jatirembe
Pengembang : Qhoziah Alfiyatun
1
|
2
|
Menjelaskan pengertian gaya (C1), (A3)
|
Menyebutkan
macam-macam gaya (C1)
|
Siswa
dapat menjelaskan bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda
|
Gaya
gesek
|
Gaya
gravitasi
|
Gaya
pegas
|
Gaya
listrik
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya listrik (C4)
|
Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek (C4)
|
Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas (C4)
|
Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi
(C4)
|
7
|
Mengklasifikasikan
berbagai bentuk aktivitas ke dalam macam-macam gaya dalam suatu cerita yang
telah disimak (C3) (A4)
|
Menjelaskan salah satu
sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda (C2) (A3)
|
8
|
9
|
10
|
Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh sifat gaya yang dapat
mengubah bentuk suatu benda (C4)
|
13
|
14
|
12
|
11
|
15
|
Membuat
patung hewan kecil dari plastisin yang berbentuk bulat (gumpalan plastisin)
secara berkelompok (P2)
|
Menekan-nekan plastisin agar tekstur lebih
lembek sehingga lebih mudah diatur (C5) (P4)
|
Menyiapkan
plastisin berbentuk bulat yang disediakan oleh guru beserta alat yang
dibutuhkan (C5) (P4)
|
Menghias
patung hewan yang telah dibentuk dari plastisin dengan alat dan bahan
sesuai keinginan (P4)
|
Membentuk
plastisin menjadi sebuah patung hewan kecil sesuai dengan keinginan
masing-masing kelompok (C5) (P4)
|
Menilai
hasil karya kelompok lain berupa patung hewan kecil dari plastisin (A3, C6)
|
16
|
Menyimpulkan
penyebab perubahan bentuk pada plastisin yang dibentuk sedemikian rupa
hingga bisa menjadi patung hewan kecil (C6)
|
IDENTIFIKASI
INDIKATOR
KD
|
Indikator
|
Ranah
|
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan
tarikan) mengubah bentuk suatu benda
|
2.1 Menjelaskan pengertian gaya
|
C1, A3
|
2.2 Menyebutkan
macam-macam gaya
|
C1
|
|
2.3
Mengaitkan aktivitas dalam
kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek
|
C4
|
|
2.4
Mengaitkan aktivitas dalam
kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi
|
C4
|
|
2.5
Mengaitkan aktivitas dalam kehidupan
sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas
|
C4
|
|
2.6
Mengaitkan aktivitas dalam
kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek
|
C4
|
|
2.7
Mengklasifikasikan berbagai
bentuk aktivitas ke dalam macam-macam gaya dalam suatu cerita yang telah
disimak
|
C3,
A4
|
|
2.8
Menjelaskan
salah satu sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
|
C2, A3
|
|
2.9
Mengaitkan aktivitas dalam
kehidupan sehari-hari sebagai contoh sifat gaya yang dapat mengubah bentuk
suatu benda
|
C4
|
|
2.10 Membuat
patung hewan kecil dari plastisin yang berbentuk bulat (gumpalan plastisin)
secara berkelompok
|
P2
|
|
2.11 Menyiapkan
plastisin berbentuk bulat yang disediakan oleh guru beserta alat yang
dibutuhkan
|
C5, P4
|
|
2.12 Menekan-nekan
plastisin agar tekstur lebih lembek sehingga lebih mudah diatur
|
C5,
P4
|
|
2.13
Membentuk plastisin menjadi
sebuah patung hewan kecil sesuai dengan keinginan masing-masing kelompok
|
C5,
P4
|
|
2.14
Menghias patung hewan yang telah
dibentuk dari plastisin dengan alat dan bahan sesuai keinginan
|
P4
|
|
2.15
Menilai hasil karya kelompok lain
berupa patung hewan kecil dari plastisin
|
C6,
A3
|
|
2.16
Menyimpulkan penyebab perubahan
bentuk pada plastisin yang dibentuk sedemikian rupa hingga bisa menjadi
patung hewan kecil
|
C6
|
RUMUSAN INDIKATOR
KD
|
Indikator
|
Ranah
|
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan
tarikan) mengubah bentuk suatu benda
|
2.1 Menjelaskan pengertian gaya
|
C1, A3
|
2.2 Menyebutkan
macam-macam gaya
|
C1
|
|
2.3 Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek
|
C4
|
|
2.4 Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi
|
C4
|
|
2.5 Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas
|
C4
|
|
2.6 Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya listrik
|
C4
|
|
2.7 Mengklasifikasikan
berbagai bentuk aktivitas ke dalam macam-macam gaya dalam suatu cerita yang
telah disimak
|
C3,
A4
|
|
2.8 Menjelaskan salah satu
sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
|
C2, A3
|
|
2.9 Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh sifat gaya yang dapat
mengubah bentuk suatu benda
|
C4
|
ANALISIS INDIKATOR
Kompetensi Dasar
7.2
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa
gaya (dorongan dan tarikan) mengubah bentuk suatu benda
Indikator
- Menjelaskan pengertian gaya
- Menyebutkan
macam-macam gaya
- Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek
- Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gravitasi
- Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas
- Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya listrik
- Mengklasifikasikan
berbagai bentuk aktivitas ke dalam macam-macam gaya dalam suatu cerita
yang telah disimak
- Menjelaskan salah satu sifat
gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
- Mengaitkan
aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh sifat gaya yang dapat
mengubah bentuk suatu benda
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa
kelas 4 SDN Jatirembe dapat mampu menjelaskan pengertian gaya dengan
bahasanya sendiri.
- Dengan mendengarkan
penjelasan dari guru, siswa
kelas 4 SDN Jatirembe mampu menyebutkan macam-macam gaya sesuai
dengan ciri-cirinya.
- Melalui
gaya gesek yang telah dicontohkan oleh guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu mengaitkan
aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek dengan
tepat.
- Melalui
gaya gravitasi yang telah dicontohkan oleh guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu mengaitkan
aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya
gravitasi dengan tepat.
- Melalui gaya
pegas yang telah dicontohkan oleh guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe mampu mengaitkan
aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari gaya pegas dengan
tepat.
- Melalui
contoh gaya listrik yang telah dijelaskan oleh guru, siswa kelas 4 SDN Jatirembe
mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh
dari gaya listrik dengan tepat.
- Melalui
suatu cerita yang dibacakan oleh seorang siswa, siswa kelas 4 SDN Jatirembe dapat mengklasifikasikan
macam-macam gaya ke dalam berbagai bentuk aktivitas dalam cerita tersebut
dengan tepat.
- Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa
kelas 4 SDN Jatirembe mampu menjelaskan salah satu sifat
gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda dengan bahasanya sendiri.
- Melalui pembuatan
patung dari plastisin, siswa
kelas 4 SDN Jatirembe mampu contoh konkrit dari sifat gaya yang
dapat mengubah bentuk suatu benda yakni plastisin dengan bagus dan kreatif.
PENJABARAN RUMUS A-B-C-D DALAM PENYUSUNAN TIK
1.
Dengan
mendengarkan penjelasan dari guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu
menjelaskan pengertian gaya (B) dengan bahasanya sendiri (D).
2.
Dengan mendengarkan penjelasan dari guru
(C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A)
mampu menyebutkan macam-macam gaya (B) sesuai dengan ciri-cirinya (D).
3.
Melalui gaya gesek yang telah
dicontohkan oleh guru (C), siswa
kelas 4 SDN Jatirembe (A) mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan
sehari-hari sebagai contoh dari gaya gesek (B) dengan tepat (D).
4.
Melalui gaya gravitasi yang telah
dicontohkan oleh guru (C),
siswa kelas 4 SDN Jatirembe
(A) mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh
dari gaya gravitasi (B) dengan tepat (D).
5.
Melalui gaya pegas yang telah
dicontohkan oleh guru (C),
siswa kelas 4 SDN Jatirembe
(A) mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh
dari gaya pegas (B) dengan tepat (D).
6.
Melalui contoh gaya listrik yang telah
dijelaskan oleh guru (C),
siswa kelas 4 SDN Jatirembe
(A) mampu mengaitkan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh
dari gaya listrik (B) dengan tepat (D).
7.
Melalui suatu cerita yang dibacakan oleh
seorang siswa (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A)
dapat mengklasifikasikan macam-macam gaya ke dalam berbagai bentuk aktivitas
dalam cerita tersebut (B) dengan tepat (D).
8.
Dengan
mendengarkan penjelasan dari guru (C), siswa kelas 4 SDN Jatirembe (A)
mampu menjelaskan salah satu sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu
benda (B) dengan bahasanya sendiri (D).
Melalui pembuatan
patung dari plastisin (C),
siswa kelas 4 SDN Jatirembe
(A) mampu contoh konkrit dari sifat gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda
yakni plastisin (B) dengan bagus dan kreatif (D).
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment