Contoh dan kerangka rangkaian cara pembuatan SILABUS
SILABUS
Sekolah :
Kelas :
1
Mata Pelajaran : IPA
Semester : 1
Pengembang :
Standar Kompetensi :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilain
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
|
1. Menyebutkan
bagian-bagian tubuh
2. Menyebutkan
anggota tubuh di kepala
3. Menyebutkan
anggota badan atas
4. Menyebutkan
anggota badan bawah
5. Menyebutkan
anggota gerak
6. Menjelaskan
kegunaan setiap anggota tubuh di kepala
7. Menjelaskan
kegunaan setiap anggota badan atas
8. Menjelaskan
kegunaan setiap anggota badan bawah
9. Menjelaskan
kegunaan setiap bagian anggota gerak
10. Menjelaskan
cara merawat anggota tubuh di kepala
11. Menjelaskan
cara merawat anggota badan atas
12. Menjelaskan
cara merawat anggota badan bawah
13. Menjelaskan
cara merawat anggota gerak
14. Mempraktekkan
cara merawat anggota tubuh di kepala dalam kehidupan sehari-hari
15. Mempraktekkan
cara merawat anggota badan atas dalam kehidupan sehari-hari
16. Mempraktekkan
cara merawat anggota badan bawah dalam kehidupan sehari-hari
17. Mempraktekkan
cara merawat anggota gerak dalam kehidupan sehari-hari
|
bagian-bagian
tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
|
-
Siswa mengamati
media pembelajaran torso untuk mengetahui bagian bagian tubuh manusia
-
Siswa dan guru
bertanya jawab tengtang bgaian tubuh yang sudah diamati
-
Bermain ular
tangga untuk menjawab soal mengenai bagian bagian tubuh.
-
Menyaksikan video
tentang kegunaan anggota tubuh
-
|
Tes lisan
|
daftar pertanyaan
|
1.
Sebutkan bagian
bagian anggota tubuh yang kamu tahu!
|
6
x 35menit
(3
x pertemuan)
|
-
Sholihudin &
Evi susanti, Asiknya Belajar Ipa, 2008, 5-13.
-
Sri purwati, Ilmu
Pengetahuan Alam 1, 2009, 3-20.
|
|
|
|
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
|
|
-
|
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilain
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
-
|
|
|
|
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
|
|
-
|
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment