ART IS MY LIFE

Selamat Datang di blog Fifi Neko Kawaii ^^

KLASIFIKASI KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PKN SD DALAM KURIKULUM 2013

No comments


KLASIFIKASI KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PKN SD DALAM KURIKULUM 2013


Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah Pendidikan Pkn SD

Dosen Pengampu :
Mahmud M.Pd

Image result for trunojoyo madura

 Anggota :


Handika Bayu (130611100098)
Leni Marlinda (130611100100)
Qhoziah Alfiyatun (130611100102)
Khoirus Sholihatinnur (130611100121)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2014

 

Ø  Tugas: Carilah dan bacalah kurikulum 2013 berkaitan dengan pembelajaran PPKN di SD, lalu klasifikasikan mana yang masuk dalam peranan aspek civic Knowledge, aspek civic Desposition, dan aspek civic Skill !


Jawaban :

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

KURIKULUM 2013


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnyaà Civic Disposition
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah à Civic Disposition
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolahà Civic Disposition
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guruà Civic Disposition
2.1       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila à Civic Disposition
2.2       Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah à Civic Disposition
2.3       Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah à Civic Disposition
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah. à Civic Knowledge
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” à Civic Knowledge
3.2       Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah à Civic Knowledge
3.3       Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah à Civic Knowledge
3.4       Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah à Civic Knowledge
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
à Civic Skills
4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila àCivic Skills
4.2       Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
àCivic Skills
4.3       Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah àCivic Skills
4.4       Mengamati dan menceritakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah àCivic Skills

KELAS: II
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya  Ã Civic Disposition
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah àCivic Disposition
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah àCivic Disposition
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guruàCivic Disposition
2.1       Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral PancasilaàCivic Disposition
2.2       Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolahàCivic Disposition
2.3       Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolahàCivic Disposition
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah. àCivic Knowledge
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”. àCivic Knowledge
3.2       Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah àCivic Knowledge
3.3       Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah àCivic Knowledge
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah àCivic Knowledge
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia àCivic Skills
1.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila àCivic Skills
1.2       Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah àCivic Skills
1.3       Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah àCivic Skills
1.4       Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah àCivic Skills

KELAS: III
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya àCivic Disposition
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah àCivic Disposition
1.2       Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah àCivic Disposition
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,tetangga dan guru àCivic Disposition
2.1       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila àCivic Disposition
2.2       Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar àCivic Disposition
2.3       Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar àCivic Disposition
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain àCivic Knowledge
3.1       Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”. àCivic Knowledge
3.2       Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah àCivic Knowledge
3.3       Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat àCivic Knowledge
3.4       Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat àCivic Knowledge
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia àCivic Skills
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila àCivic Skills
4.2       Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah àCivic Skills
4.3       Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat àCivic Skills
4.4       Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat àCivic Skills

KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya àCivic Disposition
1.1       Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar àCivic Disposition
1.2       Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah  Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar àCivic Disposition
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru àCivic Disposition
2.1       Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila àCivic Disposition
2.2       Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan  hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar àCivic Disposition
2.3       Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar àCivic Disposition
2.4       Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) àCivic Disposition
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain àCivic Knowledge

3.1       Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh àCivic Knowledge
3.2       Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakatàCivic Knowledge
3.3       Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakatàCivic Knowledge
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakatàCivic Knowledge
3.5       Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Hindu BuddhaàCivic Knowledge
3.6       Memahami keberagaman alam dan sumber daya di berbagai daerahàCivic Knowledge







4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia àCivic Skills
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuhàCivic Skills
4.2       Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakatàCivic Skills
4.3       Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakatàCivic Skills
4.4       Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitaràCivic Skills
4.5       Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Hindu Buddha dalam kehidupan di masyarakatàCivic Skills
4.6       Memetakan keberagaman sumber daya alam di berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasionalàCivic Skills

KELAS: V
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya àCivic Disposition
1.1     Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakatàCivic Disposition
1.2       Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsaàCivic Disposition
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guruàCivic Disposition
2.1       Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral PancasilaàCivic Disposition
2.2       Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban  dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945àCivic Disposition
2.3       Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakatàCivic Disposition
2.4       Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakatàCivic Disposition
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermainàCivic Knowledge
3.1       Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolahàCivic Knowledge
3.2       Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolahàCivic Knowledge
3.3       Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakatàCivic Knowledge
3.4       Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakatàCivic Knowledge
3.5       Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa IslamàCivic Knowledge
3.6       Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidupàCivic Knowledge

4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia àCivic Skills
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hariàCivic Skills
4.2       Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolahàCivic Skills
4.3       Membantu masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomiàCivic Skills
4.4       Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakatàCivic Skills
4.5       Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakatàCivic Skills
4.6       Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasionalàCivic Skills

KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya àCivic Disposition
1.1       Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegaraàCivic Disposition
1.2       Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegaraàCivic Disposition
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guruàCivic Disposition
2.1       Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral PancasilaàCivic Disposition
2.2       Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan  sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan IndonesiaàCivic Disposition
2.3       Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakatàCivic Disposition
2.4       Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa IndonesiaàCivic Disposition
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain àCivic Knowledge
3.1       Memahami moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitaràCivic Knowledge
3.2       Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitaràCivic Knowledge
3.3       Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di IndonesiaàCivic Knowledge
3.4       Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budayaàCivic Knowledge
3.5       Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaanàCivic Knowledge
3.6       Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaanàCivic Knowledge
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaàCivic Skills
4.1       Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan   keluarga, sekolah, dan masyarakatàCivic Skills
4.2       Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakatàCivic Skills
4.3       Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakatàCivic Skills
4.4        Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budayaàCivic Skills
4.5       Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hariàCivic Skills
4.6       Menyajikan realita keberagaman untk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaanàCivic Skills

No comments :

Post a Comment