KLASIFIKASI KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PKN SD DALAM KURIKULUM 2013
KLASIFIKASI KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PKN SD DALAM KURIKULUM 2013
Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah Pendidikan Pkn SD
Dosen Pengampu :
Mahmud M.Pd
Anggota :
Handika Bayu (130611100098)
Leni Marlinda (130611100100)
Qhoziah Alfiyatun (130611100102)
Khoirus Sholihatinnur (130611100121)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2014
Ø Tugas: Carilah dan bacalah kurikulum 2013 berkaitan dengan pembelajaran PPKN di SD, lalu klasifikasikan mana yang masuk dalam peranan aspek civic Knowledge, aspek civic Desposition, dan aspek civic Skill !
Jawaban :
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KURIKULUM 2013
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnyaà Civic Disposition
|
1.1
Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah à Civic Disposition
1.2
Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolahà Civic Disposition
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guruà Civic Disposition
|
2.1 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila à Civic Disposition
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah à Civic Disposition
2.3 Menunjukkan perilaku
kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah à Civic Disposition
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, dan di sekolah. Ã Civic Knowledge
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” Ã Civic Knowledge
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah à Civic Knowledge
3.3
Mengenal keberagaman
karateristik individu di rumah dan di sekolah à Civic Knowledge
3.4 Mengenal arti
bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah à Civic Knowledge
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
à Civic Skills
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
salah satu simbol sila Pancasila à Civic Skills
4.2 Melaksanakan tata
tertib di rumah dan sekolah
à Civic Skills
4.3 Mengamati dan menceritakan kebersamaan
dalam keberagaman di rumah dan sekolah à Civic Skills
4.4 Mengamati dan
menceritakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah à Civic Skills
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya à Civic Disposition
|
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah à Civic Disposition
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah à Civic Disposition
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman , dan guruà Civic Disposition
|
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasilaà Civic Disposition
2.2 Menunjukkan perilaku patuh
pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolahà Civic Disposition
2.3 Menunjukkan perilaku
toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan
sekolahà Civic Disposition
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah. Ã Civic Knowledge
|
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila”. Ã Civic Knowledge
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah à Civic Knowledge
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah à Civic Knowledge
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman
di rumah dan sekolah à Civic Knowledge
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia à Civic Skills
|
1.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila à Civic Skills
1.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di
lingkungan keluarga dan sekolah à Civic Skills
1.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah à Civic Skills
1.4 Bermain peran
tentang bersatu
dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah à Civic Skills
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya à Civic Disposition
|
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah à Civic Disposition
1.2 Menghargai kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah à Civic Disposition
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman,tetangga dan guru à Civic Disposition
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila à Civic Disposition
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan
masyarakat sekitar à Civic Disposition
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar à Civic Disposition
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain à Civic Knowledge
|
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila”. Ã Civic Knowledge
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai
warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah à Civic Knowledge
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah, sekolah dan masyarakat à Civic Knowledge
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman
di rumah, sekolah dan masyarakat à Civic Knowledge
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia à Civic Skills
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol
sila-sila Pancasila à Civic Skills
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah à Civic Skills
4.3 Berinteraksi dengan beragam orang di
lingkungan rumah, sekolah, masyarakat à Civic Skills
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat à Civic Skills
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya à Civic Disposition
|
1.1
Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa,
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar à Civic Disposition
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah,
sekolah dan masyarakat sekitar à Civic Disposition
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru à Civic Disposition
|
2.1 Menunjukkan perilaku,
disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta
maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan
menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral
Pancasila à Civic Disposition
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai
dengan hak dan kewajiban di rumah,
sekolah dan masyarakat sekitar à Civic Disposition
2.3 Menunjukkan perilaku
sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah sekolah dan masyarakat
sekitar à Civic Disposition
2.4 Menunjukkan perilaku bersatu sebagai
wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Ã Civic Disposition
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain à Civic Knowledge
|
3.1 Memahami makna dan keterkaiatan
simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh à Civic Knowledge
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakatà Civic Knowledge
3.3 Memahami manfaat keberagaman
karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakatà Civic Knowledge
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman
di rumah, sekolah dan masyarakatà Civic Knowledge
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
Hindu Buddhaà Civic Knowledge
3.6 Memahami keberagaman alam dan sumber daya
di berbagai daerahà Civic Knowledge
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia à Civic Skills
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai
satu kesatuan yang utuhà Civic Skills
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakatà Civic Skills
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam
keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakatà Civic Skills
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku
bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat sekitarà Civic Skills
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada
masa Hindu Buddha dalam kehidupan di masyarakatà Civic Skills
4.6 Memetakan keberagaman sumber daya alam di
berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasionalà Civic Skills
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya à Civic Disposition
|
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakatà Civic Disposition
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsaà Civic Disposition
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guruà Civic Disposition
|
2.1
Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab,
percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam
semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral
Pancasilaà Civic Disposition
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum
sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945Ã Civic Disposition
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar
musyawarah mufakatà Civic Disposition
2.4
Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia
dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakatà Civic Disposition
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermainà Civic Knowledge
|
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolahà Civic Knowledge
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai
warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolahà Civic Knowledge
3.3 Memahami keanekaragaman sosial, budaya
dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah
dan masyarakatà Civic Knowledge
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan
kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakatà Civic Knowledge
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
Islamà Civic Knowledge
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi
keperluan hidupà Civic Knowledge
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia à Civic Skills
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan
nilai-nilai kelima sila Pancasila
dalam kehidupan sehari-harià Civic Skills
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan
aturan di lingkungan rumah, dan sekolahà Civic Skills
4.3 Membantu masyarakat dalam melaksanakan
suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan
agama, suku bangsa, dan sosial ekonomià Civic Skills
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakatà Civic Skills
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada
masa Islam dalam kehidupan di masyarakatà Civic Skills
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi
keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasionalà Civic Skills
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya à Civic Disposition
|
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegaraà Civic Disposition
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegaraà Civic Disposition
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guruà Civic Disposition
|
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan
rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral
Pancasilaà Civic Disposition
2.2 Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata
tertib, dan aturan sesuai dengan tata
urutan peraturan perundang-undangan Indonesiaà Civic Disposition
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses
pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakatà Civic Disposition
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai
bangsa Indonesiaà Civic Disposition
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain à Civic Knowledge
|
3.1 Memahami moralitas yang terkandung
dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitarà Civic Knowledge
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai
warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitarà Civic Knowledge
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial,
budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesiaà Civic Knowledge
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan
kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budayaà Civic Knowledge
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaanà Civic Knowledge
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam
membangun kehidupan kebangsaanà Civic Knowledge
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak muliaà Civic Skills
|
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai
dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
keluarga, sekolah, dan masyarakatà Civic Skills
4.2 Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan
dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakatà Civic Skills
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan
keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam
melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakatà Civic Skills
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budayaà Civic Skills
4.5 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam
kehidupan sehari-harià Civic Skills
4.6 Menyajikan realita keberagaman untk
mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan
kebangsaanà Civic Skills
|
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment