ART IS MY LIFE

Selamat Datang di blog Fifi Neko Kawaii ^^

Sekolah Formal dalam situasi dan kondisi terbatas

3 comments

Image result for pendidikan formal


2.1    Awal Pendidikan Formal dalam Situasi dan Kondisi yang Terbatas



Salah satu pendidikan formal pertama di Indonesia adalah (School tot Opleiding van Indische Artsen) STOVIA, yang mana merupakan sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman kolonial Hindia-Belanda. Saat ini sekolah ini telah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. berdirinya STOVIA dilatarbeakangi oleh kekhawatiran akan kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahannya, membuat pemerintah kolonial menetapkan perlunya diselenggarakan suatu kursus juru kesehatan di Hindia Belanda. Sekolah-sekolah itu juga hanya bisa dinikamti oleh sebagian golongan saja, sesuai dengan status social pemerintahan colonial. Pendidikan yang dibuka hanya diperuntukkan untuk anak-anak pegawai negeri dan orang-orang mampu. Terjadi diskriminasi pendidika, yaitu pengjaran di sekolah kelas 1 untuk anak-anak pegawai negeri dan orang-orang pribumi yang berharta diajarkan pada kelas 2 di sekolah umum untuk orang-orang Indo, eropa, priyayi, dan golongan asia timur jauh. Sekolah pendidikan kesehatan ini terus mengalami peningkatan kualitas dan peningkatan mutu  kurikulum serta nama antara lain
1.         Pada tahun 1889 namanya diubah menjadi School tot Opleiding Van Geneeskundige.( Sekolah Pendidikan Ahli Ilmu Kedokteran Pribumi)
2.    Tahun 1989 diubah kembali menjadi School tot Opleiding van Inlandsche Artsen.(Sekolah Dokter Pribumi)
3.    Tahun 1913 namanya kembali diubah, hanya mengubah Inladsche menjadi Indische (School tot Opleiding van Indische Artsen) atau disingkat STOVIA karena sekolah ini sekarang terbuka untuk umum, termasuk bangsa asing timur. Nama STOVIA sendiri bertahan sampai 9 Agustus 1927
4.    Pada masa Pendudukan Jepang nama Sekolah ini diganti oleh orang jepang menjadi Ika Daigaku (Sekolah Kedokteran)
5.    Dan dimasa awal Kemerdekaan, Pemerintah Indonesia mengubah nama menjadi Perguruan Tinggi Republik Indonesia.
6.    Pada sejak 2 Februari 1950 Pemerintah Indonesia, secara resmi mengubah sekolah kedokteran pertama di Bumi Nusantara ini menjadi FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA sampai sekarang.
Guru dari pendidikan ini adalah masyarakat pribumi. Sebelum didirikan sekolah untuk mendidik calon-calon guru, kekurangan pengajar di sekolah-sekolah pribumi diatasi dengan mengangkat orang-orang yang sekedar mempunyai kemampuan baca, tulis, dan hitung sebagai guru sementara. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, kekurangan potensi guru di sekolah untuk bumiputra diatasi oleh pemerintah dengan mendirikan sekolah bagi calon guru ( kweekschool ) di Surakarta tahun 1852.

3 comments :